Mencoba DIGISPARK dan setting konfigurasi pada Arduino IDE

Halo semuanya,

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba DIGISPARK. Apa itu? yakni salah satu modul/board mikrokontroller mungil yang menggunakan ATTiny85 sebagai ‘otak’ nya. Digispark ini resminya dibuat oleh Digistump, namun kini banyak tersedia versi clone nya.

Digispark
Digispark-Board-Official

Ya,memang  penggunaan ATTiny85 sudah umum digunakan oleh kita pecinta mikrokontroller, namun dengan adanya modul board DIGISPARK ini makin memudahkan kita untuk menggunakannya dalam aktivitas kita sebagai makers. Langsung saja yuks, kita mulai..

  1. Pertama-tama, kita perlu memasang package Board DIGISPARK series pada Arduino IDE kita, dengan cara berikut:
    • buka aplikasi Arduino IDE di komputermu. Pada aplikasi Arduino, pilih menu File > Preferences.
    • Pada jendela Preferences. Pada kolom dengan label “Additional Boards Manager URLs” isikan teks berikut >>> http://digistump.com/package_digistump_index.json
    • lalu klik OK
    • kemudian pilih menu Tools, pilih submenu Board, dan pilih menu Boards Manager.
    • Pada jendela Boards Manager, ketikan digispark atau digistump pada kolom pencarian, maka akan muncul list nya.
    • Klik “Digistump AVR Board” lalu klik tombol install yang ada di sebelah kanan bawahnya. Arduino IDE akan mengunduh file-file yang diperlukan untuk Digispark. (Note: Untuk tahap ini komputermu perlu terkoneksi dengan internet dan untuk memudahkan bisa juga, Pada dropdown Type pilih opsi Contributed, maka list boards manager di bawahnya hanya akan memunculkan board bertipe contributed saja.)
  2.  Kemudian Langkah Selanjutnya adalah menginstall driver yang diperlukan, agar Digispark dapat dikenali dan berkomunikasi dengan komputer kita. Untuk diketahui, Digispark ini tidak bekomunikasi dengan Serial COM port seperti umumnya arduino, namun menggunakan modul micronukleus. Langsung saja install dengan cara berikut:
    • Pada Windows Explorer buka folder C:\Users[nama-user]\AppData\Local \Arduino15\packages\digistump\tools\micronucleus\2.0a4  (sesuaikan [nama-user] dengan punyamu)
    • Kemudian pilih file post_install.bat. Klik kanan file tersebut lalu pilih Run as Administrator. File tersebut akan menjalankan wizard instalasi. Ikuti langkah-langkah instalasinya hingga selesai
  3. Kemudian Langkah Terakhir adalah mengatur konfigurasi saat kita mulai programming pada Arduino IDE kita dengan Tools > Board sudah tersedia menu board Digispark (Default – 16.5mhz). Pilih board tersebut. Lalu pada menu Tools > Programmer pilih Micronucleus.

Oke, itulah langkah-langkahnya, Selamat mencoba.

note: ini tulisan singkat seadanya, namun akan saya perbaiki diwaktu luang dengan informasi detail lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *